CR7 Sang Penghibur Perburuan Ballon D’or

CR7 VS INIESTA

Penghargaan gelar pemain terbaik dunia tahun ini 2011-2012 atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Ballon D’or, FIFA merilis dari 23 kandidat peraih Ballon D’or mengerucut tiga nama. Di antaranya ada Lionel Messi (Barcelona), Andres Iniesta (Barcelona), dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid), yang bakalan bertarung sengit untuk memperebutkan gelar individu paling bergengsi di jagat sepak bola.

Selama tiga tahun berturut-turut Lionel Messi mendominasi gelar penghargaan pemain terbaik dunia, dalam kurun waktu yang sama juga pria Argentina ini menjadikan pria Portugis seperti pecundang. Messi secara tidak langsung menjawab siapa pemain terbaik dunia saat ini, seperti yang orang-orang perbincangkan antara dirinya dan Ronaldo.

Cristiano sendiri terlihat kalem dalam perburuan Ballon D’or kali ini, atau pemain yang mempunyai julukan baru si ‘tukang dandan’ ini mulai putus asa melihat Messi yang akhir-akhir ini terlihat superior atas dirinya.

Apakah tahun ini Ronaldo kembali hanya menjadi seorang pelengkap dalam perburuan Ballo D’or, seperti di tahun sebelum-sebelumnya? Namun satu perlu dicatat, seorang Cristiano Ronaldo pernah meraih sukses di dua liga yang berbeda, mungkin ini menjadi nilai plus baginya dirinya.

Lionel Messi, mungkin dialah pesepakbola terbaik sepanjang masa, paling tidak begitulah anggapan para pengagum pemain yang dikenal rendah hati ini. Leo yang sudah mengoleksi gelar Ballon D’or sebanyak tiga kali dan menyamai rekor para pendahulunya. Ada nama-nama beken antara lain ada Johan Cruijff, Marco Van Basten dan Michel Platini yang sama-sama mengoleksi penghargaan Ballon d’or sebanyak tiga kali.

Mengingat Messi yang baru berumur 25 tahun, rekor para pendahulunya itu sangat mungkin bisa terlewati oleh pesepakbola yang bernama lengkap Lionel Andrés Messi ini. Meskipun memiliki tubuh tidak ideal sebagai pemain bola, namun Messi diberi kelebihan yang luar biasa dalam mengolah dan mengeksekusi si kulit bundar terutama dengan kaki kirinya.
Saya tidak akan menulis rekor apa saja yang telah diukir oleh seorang Messi. Entah berapa banyak rekor yang telah dicatat dalam buku sejarah sepak bola, oleh pria kelahiran Rosario, Argentina 24 Juni 1987 tersebut. Namun yang fenomenal baru-baru ini, Messi telah memecahkan rekor legenda Jerman Gerd Muller.

Muller menciptakan 85 gol dalam kurun waktu setahun, sedangkan Messi telah menciptakan 90 gol ketika mencetak sepasang gol ke gawang Atletico Madrid dalam ajang lanjutan La Liga kompetisi 2012-2013. Messi melewati rekor Gerd Muller yang bertahan selama 40 tahun. Luar biasa. Bahkan akhir-akhir ini Messi dicurigai adalah seorang Alien.

Berikut ada beberapa pendapat mereka tentang Lionel Messi:
“Saya telah menemukan pemain yang akan mewarisi tempat saya di sepak bola Argentina dan namanya Lionel Messi”. -Diego Maradona
“Bagiku Messi merupakan yang terbaik. Dia selalu respek terhadap lawan. Bahkan saat mencetak gol dia tidak mempermalukan lawan”. – Pele
“Dia adalah pemain spektakuler. Tidak ada lagi pemain yang bisa menyamai sosok Messi”.- Josep Guardiola
“Saya selalu berada di sekitar pemain hebat seperti CR7 dan Rooney, namun Messi berada selangkah di depan mereka.” -Frank Rijkaard
“Menurut saya dia lebih baik dari Maradona” – Michel Platini
“Tak bisa dipungkii lagi, Lioenel Messi adalah pemain terbaik dunia saat ini”. -Fabio Capello
“Saat dia mulai mendekati Anda, Anda harus membuat tanda salib dan berdoa bahwa semuanya akan baik-baik saja.”- Marco van Basten
“Jangan bandingkan Messi dengan pemain lain. Dia mungkin bukan dari sepak bola. Ia pemain terbaik sepanjang masa.” – John Tery
“Tidak ada kata lain untuk Messi, ia di tingkat tersendiri”. – Michel Owen
“Belum terlalu tua untuk melihat beberapa pemain hebat, tapi tidak percaya orang bisa memainkan permainan sepak bola seperti Messi.” – Rivaldo
“Dia adalah pemain terbaik yang pernah ada” – Wayne Rooney

Bahkan seorang Arsene Wenger pernah berujar “Messi berasal dari planet lain. Saya mengatakan itu karena saat ini dia berada jauh di depan pemain-pemain lain. Tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan seorang Messi.”
Kini bapak satu anak penerima penghargaan Ballon D’or tahun (2011-2012) ini kembali diunggulkan untuk meraih Ballon D’or untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Kandidat nomor dua untuk peraih Ballon D’or, yang tak lain merupakan rekan Messi di klub Barcelona, Andres Iniesta. Pria kelahiran 11 Mei 1984 merupakan pesepakbola berkebangsaan Spanyol, memulai karier profesional di klub La Liga Barcelona hingga sekarang. Gelandang yang memulai debutnya di usia 18 tahun ini, karier sepak bolanya berkembang pesat. Muncul di awal tahun 2004, sekarang pria yang dikenal pemalu ini menjadi dirigen serangan permainan Barca.

Kepergian Ronaldinho, Deco dan Ludovic Giuly membawa berkah tersendiri bagi dirinya, Iniesta lebih sering diturunkan menjadi starter. Gelandang imajinatif ini semakin mengkilap kariernya ketika Barca masih di arsiteki oleh Pep Guardiola.

Dalam satu musim Barcelona dibawanya meraih enam trofi sekaligus. Iniesta sendiri belum pernah mendapatkan penghargaa Ballon D’or dan bisa jadi tahun ini merupakan peluang terbaik bagi Iniesta untuk meraih penghargaan tersebut, setelah membawa Spanyol menjadi juara Euro 2012.

Kandidat terakhir tidak lain Cristiano Ronaldo, siapa yang tidak mengenal pesepakbola paling arogan di jagat bumi ini, paling tidak begitulah bagi sang rival-rival Cristiano menjulukinya. Pemain yang lebih kita kenal dengan sebutan CR7 ini, merupakan penantang serius bagi Lionel Messi di era sepak bola modern seperti saat sekarang.

Pria kelahiran Medeira, Portugal 5 Februari 1985 ini selalu menjadi perbincangan para penggemar sepak bola, siapa yang lebih hebat di antara kedua pemain ini. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan pesepakbola yang berbeda, Cristiano sendiri lebih suka menjadi pengembara dalam sepak bola, sedangkan Messi sebaliknya begitu juga dengan gaya hidup dan kepribadian mereka.

Ronaldo memulai karier profesionalnya sebagai pesepakbola di Sporting Lisbon klub asal Portugal. Tahun 2003 Cristiano hijrah ke Manchester United. Di Manchester United, CR7 bisa dibilang sebagai puncak kesuksesannya sebagai pemain sepak bola. Trofi-trofi bergengsi, di antaranya gelar Liga Inggris, FA, Liga Champhions Eropa dan Piala Dunia antar klub telah diraihnya, dan beberapa gelar individu yang diraihnya salah satunya Ballon D’or yang dia peroleh tahun 2008.

Di bawah polesan seorang Sir Alex Ferguson, Cristiano menjelma menjadi pesepakbola hampir sempurna. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa CR7 merupakan pemain sepak bola yang komplit, dia bisa mencetak gol dengan menggunakan kedua kakinya, kepala dan gol khas nya dengan tendangan bebas.

Setelah mengecap sukses bersama Man. United, CR7 mencoba tantangan baru dengan hijrah ke klub ibu kota Spanyol Real Madrid. Dengan mega tranfer senilai 132 juta dolar atau lebih dari 1,3 triliun rupiah yang menjadikannya sebagai pemain termahal dunia. Setelah memenangi Ballon D’or 2008 hampir tiap tahunnya Ronaldo selalu masuk tiga besar, namun lagi-lagi CR7 harus puas di bawah bayang-bayang seorang Lionel Messi.

Mampukah di tahun ini , pemain dengan nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro mampu mengakhiri dominasi Messi, dalam perburuan Ballon D’or (2011-2012) atau hanya menjadi sang penghibur? Patut kita tunggu.

Karier fenomenal dengan penghargaan individu yang sudah Messi koleksi dan sudah berapa banyak gelar yang telah dipersembahakannya bagi Barcelona, bukan berarti Messi dengan Barcelona-nya bebas dari cibiran dari sang rival.

“Saya juga bisa mencetak 90 gol jika diberikan penalti seperti yang diberikan kepada Barcelona,” sindiran mantan pemain Barcelona ketika Messi mampu melewati rekor Gerd Müller selama 40 tahun bertahan. -Zlatan Ibrahimovic
“Bila tahun ini penghargaan Ballon D’or tidak diberikan kepada Cristiano merupakan sebuah kejahatan” – Jose Mourinho

Bahkan teori konspirasi pernah dilontarkan oleh Jose Mourinho kepada Barcelona, seorang pelatih yang memang dikenal dengan kontroversinya.

Ketika Mourinho memberikan komentarnya sesaat pertandingan usai leg pertama semi final Real Madrid melawan Barcelona. Laga yang digelar di Santiago Bernabeu El Barca unggul 2-0, pertandingan diwarnai kartu merah kontroversi Pepe. Ada konspirasi tingkat tinggi yang dituduhkan Mourinho, jelas membuat kubu Barca kebakaran jenggot.

“Saya akan malu untuk memenangkan gelar itu (tahun 2009) karena menang dengan ‘skandal dari Stamford Bridge’ (Chelsea vs Barcelona) dan yang satu ini akan dimenangkan dengan ‘skandal Bernabeu’  (Real Madrid vs Barcelona).

Pep Guardiola waktu itu pun tak luput dari bidikan seorang Jose Mourinho. “Saya berharap suatu hari Josep Guardiola memenangkan gelar juara Liga Champions sebagaimana mestinya – sempurna, bersih, tanpa skandal apapun”.

Begitulah cibiran seorang Jose Mourinho yang masih kecewa berat dengan kekalahan timnya 0-2 menjamu Barcelona di leg pertama babak semifinal Liga Champions. Mantan manajer Chelsea itu menuding ada sebuah ‘kekuatan’ besar yang membuat Barcelona memenangkan pertandingan tersebut.
Bahkan dalam situs resminya waktu itu, UEFA sempat mengetikkan skor 0-4 bagi Barcelona vs (Real Madrid). Bila Mourinho sempat membaca ini, mungkin bisa makin gila.

“Ada konspirasi selama ini antara Barcelona dengan UEFA. “Saya tak tahu apakah ini karena (sponsorship) dari Unicef yang mereka miliki, atau karena mereka adalah ‘orang-orang baik, terutama terkait perjalanan dan sukses Barca selama ini. -Jose Mourinho.

Yang terbaru dari ‘Only One’ tidak kalah pedas pernyataannya dibandingkan sebelumnya. Ketika ditanya oleh wartawan, tentang peluang Ronaldo memenangi penghargaan Ballon D’or 2011-2012, Mou menjawabnya dengan lantang, “Ballon D’Or sudah ditentukan, dan saat para petinggi sepak bola berbicara dan melakukan kampanye, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan.”

 

Pernyataan Mou ini, mengangkat kembali soal konspirasi “pemimpin-pemimpin sepak bola” yang berkampanye untuk Lionel Messi.
Kemarahan Mou waktu itu memang bisa dipahami, ketika Anda menjadi seorang pelatih dan tim ada dirugikan oleh kepemimpinan seorang wasit. Begitulah seorang Jose Mourinho, kata-kata yang keluar dari mulutnya hampir selalu memunculkan kontroversi.

Mungkin ada benarnya apa yang dikatakan Jose Mourinho. Kalau kita lihat sedikit ke belakang, ketika Messi gagal membawa Barca melangkah ke Final Liga Champions 2009-2010. Waktu itu Barca kalah melawan Inter Milan di semi final dan Jose Mourinho masih menjadi Allenatore Internazionale. Namun yang terjadi, Messi tetap melaju mulus dan memenangkan penghargaan Ballon D’or untuk kedua kalinya. Mungkin karena kerendahan hatinya, memiliki nilai plus tersendiri bagi para pemilih untuk memilihnya memenangi penghargaan gelar pemain terbaik dunia.

Banyak beberapa pihak yang menilai ada kejanggalan dan menimbulkan pertanyaan, kenapa harus Messi, kenapa bukan Wesley Snejder yang lebih pantas mendapatkan penghargaan gelar pemain terbaik dunia. Wesley berhasil membawa Inter Milan menjuarai Liga Champions dan membawa negaranya Belanda ke partai final Piala Dunia 2010. Padahal sebelumnya, klub mana yang menjadi juara Liga Champions Eropa bisa dipastikan pemain dari klub yang bersangkutan pasti terpilih sebagai peraih Ballon D’or.

Bicara musim 2011-2012, Messi hanya mempersembahkan Piala Copa Del Rey bagi Barca dan memenangkan gelar top skor. Bandingkan dengan Didier Drogba yang memenangkan trofi piala FA dan Liga Champions.

Kalau ada pemain Barca yang patut disalahkan atas kegagalan mereka di ajang Liga Champhions musim 2011-2012 Messi lah orangnya. Ya karena Leo gagal mengeksekusi penalti sewaktu melawan Chelsea, seandainya sukses mungkin jalannya pertandingan akan berbeda, apalagi ketika itu Barca unggul jumlah pemain.

Seperti Ballon D’or tahun ini 2011-2012, kenapa tidak ada pemain Chelsea yang masuk tiga besar pemain yang diumumkan oleh FIFA? Kita tahu, Chelsea berhasil menjuarai liga Champions musim 2011-2012. Meskipun mendapatkan cibiran dari beberapa pihak tentang keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Champions, hanya faktor keberuntungan dengan mengandalkan pola permainan negatif. Orang yang mencibir pola permainan negatif, sama artinya orang yang tidak bisa menghargai hasil karya orang lain. Terlepas dari itu semua, kita sama-sama tahu kalau keberuntungan dan permainan defensif, merupakan bagian dari sepak bola.

Sepak bola bukan sekadar  kemenangan dan trofi juara, namun cara meraih kemenangan tidaklah kalah pentingnya dan sepak bola sampai kapanpun tidak bisa terlepas dari yang namanya skandal maupun kontroversi.. Semoga tidak ada konspirasi seperti apa yang dilontarkan oleh seorang Jose Mourinho melainkan hanya suatu kebetulan, wasit melakukan kesalahan.

tulisan ini juga dimuat di beritasatu.com

Posted on December 21, 2012, in Beranda, Dunia, Sepak bola. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: